Materi Pokok Inheritance dalam Pemrograman Berorientasi Objek
Kompetensi Dasar
3.5 Menerapkan konsep pewarisan
4.5. Membuat hubungan antara class dengan pola pewarisan
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Menjelaskan konsep dan tujuan proses pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi objek
2. Menjelaskan prosedur pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi objek
3. Menjelaskan keterikatan antara class dan pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi objek
4. Menerapkan prosedur pewarisan dalam pemrograman berorientasi objek
5. Merancang program aplikasi berorientasi objek dengan penerapan pewarisan dalam melindungi data dan informasi
6. Membuat kode program aplikasi berorientasi objek yang menerapkan pewarisan
7. Menguji program aplikasi berorientasi objek yang menerpakan pewarisan
Materi :
1. Inheritance/Pewarisan
2. Tingkat Hak Akses
Inheritance
Pewarisan atau inheritance adalah prinsip pewarisan sifat dari orangtua kepada anak atau turunannya yang diterapkan dalam class. Orangtua mempunyai atribut dan method yang lebih umum dibandingkan dengan anak dan turunannya.
Inheritance juga dapat diartikan sebagai pewarisan atribut dan method pada sebuah class yang diperoleh dari class yang telah terdefinisi. Setiap subclass akan mewarisi state (variabel-variabel) dan behaviour (metode-metode) dari super class-nya. Subclass dapat juga ditambahkan state dan behaviour baru yang lebih spesifik serta dapat memodifikasi (override) state dan behaviour baru yang diturunkan oleh superclass-nya.
Referensi Materi Inheritance Video Youtube :
Lihat video berikut Klik >>>> Materi Inheritance !
Praktek Inheritance
Langkah-langkah praktek :
1. Lihat video berikut >>>> Praktek Inheritance !
2. Siapkan aplikasi JAVA N-IDE
3. Copy Paste Source Code dibawah ini
4. Kemudian jalankan/compile
5. Screenshot source code dan hasil compile
6. Paste hasil screenshot di Doc/Word
7. Portofolio berupa Doc/ Word yang berisi hasil screenshot (source code dan compile)
8. Beri penamaan file Doc/Word >>> Materi enkapsulasi - Nama - No Urut
Waktu Praktek : 15 Menit
Source Code :
CLASS HERBIVORA
=========================================================
class binatang{
int umur;
String warna;
int get_umur(){
return umur;
}
}
class herbivora extends binatang{
public static void main(String[]args){
herbivora h = new herbivora();
h.set_umur();
System.out.print(h.get_umur());
}
void set_umur(int umur){
this.umur = umur;
}
}
Tingkat Hak Akses
Class dalam program Java dapat saling berhubungan dengan cara memberikan akses terhadap member mereka.
Salah satu hubungan class yang pernah kita pelajari adalah inheritance (pewarisan).
Semua yang ada di dalam class (atribut dan method) disebut member.
Power Point : PPT - Tingkat Hak Akses
Praktek Tingkat Hak Akses
Langkah-langkah praktek :
1. Lihat video berikut >>> Klik link Praktek Tingkat Hak Akses !
2. Siapkan aplikasi JAVA N-IDE
3. Copy Paste Source Code dibawah ini
4. Kemudian jalankan
5. Screenshot source code dan hasil compile
6. Paste hasil screenshot di Word
Waktu Praktek : 15 Menit
Source Code :
CLASS KARNIVORA
=====================================================
package petama;class karnivora{public static void main(String[]args){binatang b = new binatang();System.out.print(b.tinggi);}}
CLASS BINATANG
=========================================================
package petama;public class binatang{//tingkat akses kelas : default || publicint tinggi;}
CLASS HERBIVORA
=========================================================
package kedua;import petama.binatang;class herbivora{public static void main(String[]args){binatang b = new binatang();System.out.print(b.tinggi);}}
Sumber Referensi :
4. Susanti Ning Astuti. 2020. Pemrograman Berorientasi Objek (C3) Kelas XI. Malang : PT Kuantum Buku Sejahtera.
0 komentar:
Posting Komentar