Materi Pokok
Enkapsulasi dalam Pemrograman Berorientasi Objek
Kompetensi Dasar
3.4 Menerapkan konsep enkapsulasi dalam melindungi data dan informasi
4.4.
Membuat kode program enkapsulasi dalam melindungi data
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan konsep dan tujuan proses enkapsulasi dalam pemrograman aplikasi
berorientasi objek
2. Menjelaskan prosedur enkapsulasi dalam pemrograman
aplikasi berorientasi objek
3. Menjelaskan persyaratan proses enkapsulasi dalam
pemrograman aplikasi berorientasi objek
4. Menerapkan prosedur enkapsulasi dalam
pemrograman berorientasi objek
5. Merancang program aplikasi berorientasi objek
dengan penerapan enkapsulasi dalam melindungi data dan informasi
6. Membuat kode
program aplikasi berorientasi objek yang menerapkan enkapsulasi
7. Menguji
program aplikasi berorientasi objek yang menerpakan enkapsulasi
Materi :
1. Enkapsulasi
Enkapsulasi
Enkapsulasi Konsep enkapsulasi dalam pemrograman berorientasi objek adalah pengombinasian atau pembungkusan antardata dan prosedurataupun fungsi (method) yang memanipulasinya ke dalam sebuah objek pada bagian yang terlindungi sehingga datadatanya tidak mudah diakses langsung dari luar. Mengapa perlu dilakukan pembungkusan? Tujuan dari pembungkusan dalam pemrograman Java berorientasi objek adalah supaya dapat mengelola hak akses. Kemudian yang dapat dibungkus dalam pemrograman Java yaitu kelas, atribut, dan metode.
Materi PDF (di semester gasal) Bisa dibaca kembali : Klik >>> Modul Enkapsulasi
Referensi Video Youtube : Klik >>> Enkapsulasi
Praktek Enkapsulasi
Langkah-langkah praktek :
1. Lihat video berikut >>>> Enkapsulasi !
2. Siapkan aplikasi JAVA N-IDE
3. Copy Paste Source Code dibawah ini
4. Kemudian jalankan/compile
5. Screenshot source code dan hasil compile
6. Paste hasil screenshot di Doc/Word
7. Portofolio berupa Doc/ Word yang berisi hasil screenshot (source code dan compile)
8. Beri penamaan file Doc/Word >>> Materi enkapsulasi - Nama - No Urut
Waktu Praktek : 20 Menit
Source Code :
CLASS HEWAN
=========================================================
class hewan{
private int tinggi;
private String warna;
public int get_tinggi(){
return tinggi;
}
public void set_tinggi(int_tinggi){
this.tinggi = tinggi;
}
}
CLASS CONTOH
=========================================================
class contoh{
public static void main(String[]args){
hewan h = new hewan();
h.set_tinggi(120);
System.out.println(h.get_tinggi));
}
}
Sumber Referensi :
3. Susanti Ning Astuti. 2020. Pemrograman Berorientasi Objek (C3) Kelas XI. Malang : PT Kuantum Buku Sejahtera.
0 komentar:
Posting Komentar